Wednesday, September 17, 2008

SAP

GARIS BESAR PERKULIAHAN


Matakuliah : CMD.
Jumlah SKS : 3sks
Jumlah Pertemuan : 1. Tatap muka : 23 kali
2. Tugas individual : 2 kali
3. Tugas kelompok : sesuai keperluan

Deskripsi : Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan kurikulum/silabus serta materi pembelajaran Bahasa Inggris yang berorientasi pada kebutuhan nyata peserta didik. Topik bahasan mencakup prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, silabus, perencanaan program dan evaluasi KBM.
Tujuan : Pada akhir perkuliahan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang proses pengembangan /perancangan pembelajaran Bahasa Inggris (dengan penekanan pada Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), berdasarkan teori belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris.(melakukan langkah-langkah awal dalam mengembangkan KTSP.

Standar Kompetensi
Tujuan
Pokok Bahasan
Sumber
Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang proses perancangan/ pengembangan kurikulum dan silabus mata pelajaran Bahasa Inggris, serta mampu menghasilkan Silabus dan RPP Bahasa Inggris untuk SD/MI di lingkungan DKI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK
1. pemahaman tentang desain kurikulum dan silabus mata pelajaran Bahasa Inggris sesuai dengan teori belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris
a)Product-oriented (based)syllabus design
b) Process-oriented (based) syllabus design
c)Text-based syllabus design
Brown, J. D. 1995. The Elements of Language curriculum. A systematic Approach to Program Development. Boston, Massachusetts,USA: Heinle & Heinle Publishers.

Nunan, D. 1988. Syllabus Design Oxford, UK, Oxford University Press.
Feez, S. 1998. Text-based Syllabus Design. Sydney: National Centre for English Language Teaching and Research
Nunan, D. 1988. The Learner Centered Curriculum Oxford, UK: Oxford University Press.
Patricia Porter. Communicative Syllabus Design. ( A learning material for Language Teaching Methodology A. Faculty of Education, Deakin University. 2000)

Celce–Murcia.M and Olsthain. E. 2000. Discourse and Context in Language Teaching. A Guide for Language Teachers. New York , USA: Cambridge University Press.

2. pemanfaatan pengetahuan tersebut untuk menganalisis kurikulum mata pelajaran Bahasa Inggris yang saat ini diimplementasikan pada pendidikan dasar dan menengah.



















































a) Analisis Kurikulum dan silabus mata pelajaran Bahasa Inggris untuk SD/MI
b) Analisis Kurikulum dan silabus mata pelajaran Bahasa Inggris untuk SMP/M Ts
c) Analisis Kurikulum dan silabus mata pelajaran Bahasa Inggris untuk SMA/MA



Depdiknas, (2006) Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. Jakarta; Balitbang Depdiknas.

PPRI No 19 th 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Departemen Pendidikan Nasional RI. 2004. Kurikulum 2004. StandarKompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta; Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional RI. 2004. Kurikulum 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta; Depdiknas.

Dinas Pendidikan Dasar DKI Jakarta. 2006 Kurikulum Muatan Lokal SD/MI Provinsi DKI Jakarta.. Standar Isi. Dinas Pendidikan Dasar Provinsi DKI Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional RI. 2006. 2004. Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta; Depdiknas







3. pemanfaatan pengetahuan dan pengalaman pada tujuan 1 dan 2 untuk melakukan langkah awal dalam mengembangkan KTSP.

a) Prinsip-prinsip pengembangan KTSP.
b) Pengembangan Silabus Bahasa Inggris untuk SD/MI, SMP/M Ts,SMA/MA
c) Pengembangan RPP .
Puskur Balitbang Depdiknas. 2006. Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta; Puskur.

Board of Studies NSW. 1998. English K-6 Syllabus. Sydney; Board of Studies NSW.

Board of Studies NSW. 1998. English Years 7-10 Syllabus. Sydney; Board of Studies NSW. (available in the ED Library)

No comments: